PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DIGITAL DALAM INDUSTRI PARIWISATA DAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19
Keywords:
Komunikasi, Industri Pariwisata, Pandemi, UMKM, DigitalAbstract
Penelitian ini mengkaji pemanfaatan teknologi komunikasi digital oleh industri pariwisata dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Kendari selama pandemi Covid-19 tahun 2021. Dalam menghadapi tantangan seperti penurunan produksi, jumlah konsumen, dan omset, serta pengurangan tenaga kerja, teknologi digital menjadi kunci dalam adaptasi dan kelangsungan usaha. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kombinasi antara kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui survei, wawancara, dan observasi, yang menganalisis dampak pandemi terhadap operasional bisnis. Hasil riset menunjukkan peningkatan signifikan dalam penggunaan teknologi digital untuk promosi, dimana 84.3% pelaku industri pariwisata dan UMKM di Kendari telah mengadopsi teknologi digital, meningkat 42.6% dari periode sebelum pandemi. Meskipun banyak pelaku usaha mengalami kesulitan dalam modal dan distribusi, penggunaan teknologi digital membantu mereka mempertahankan dan bahkan memperluas jangkauan pasar mereka. Sektor UMKM, khususnya yang bergerak di bidang mikro dan kecil, menunjukkan ketahanan dengan memanfaatkan platform digital untuk transaksi dan promosi, mengurangi dampak negatif pandemi terhadap pendapatan. Studi ini memberikan wawasan tentang bagaimana teknologi digital dapat diintegrasikan lebih lanjut untuk mendukung pemulihan dan pertumbuhan sektor pariwisata dan UMKM pasca pandemi.
References
Agusman, R., & Mulyo, J. H. (2023, April). The Impact of the Covid-19 Pandemic on Stock Prices and Stock Price Volatility in Agricultural Companies on the Indonesia Stock Exchange. In 3rd International Conference on Sustainable Agriculture for Rural Development (ICSARD 2022) (pp. 275-283). Atlantis Press.
Atmojo, M. E. and Fridayani, H. D. (2021). An assessment of covid-19 pandemic impact on indonesian tourism sector. Journal of Governance and Public Policy, 8(1), 1-9. https://doi.org/10.18196/jgpp.811338
Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1).
Bank Indonesia. (2021). Laporan Keuangan Sulawesi Tenggara Tahun 2021. Kendari: Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tenggara.
BPS Provinsi Sulawesi Tenggara. (2019). Profil Industri Mikro dan Kecil Provonsi Sulawesi Tenggara 2019. Kendari: BPS Prov. Sulawesi Tenggara.
Fadilah, M. F. (2020). Policy Assesment 2020: Studi Analisis Dampak Covid 19 Ke Sektor Pariwisata Indonesai Serta Respon Kebijakan. The Indonesian Institute Center for Public Policy Research.
Gamal, S. (2004). Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Gerung, D. S., Arikalang, S. S., Agow, T., & Sambeka, I. M. (2022). The effect of the gold index and NIKKEI on the Indonesian market index. The Contrarian: Finance, Accounting, and Business Research, 1(2), 30-34.
Heriawan. (2004). Peranan dan Dampak Pariwisata pada Perekonomian Indonesia: Suatu Model Pendekatan 1-0 dan SAM. Thesis, Institut Pertanian Bogor.
Ismayanti. (2010). Pengantar Pariwisata. Jakarta: Gramedia Widisarana.
Kementerian Pariwisata. (2016). Laporan Kinerja Kementerian Pariwisata Tahun 2016. Jakarta.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education, Inc.
Kotler, P., & Armstrong, G. (1997). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
LIPI. (2020). Survei Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah Indonesia: Mitigasi dan Persiapan Pemulihan.
Marwan, A. (1991). Marketing. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Meiliana, D., & Rifai, Z. (2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4).
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage.
Muljadi, A. J. (2009). Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nalini, S. N. L. (2021). Dampak-Dampak Covid-19 terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. JESYA (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 4(1).
Pitana, I. G., & Gayatri, P. G. (2005). Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugihamretha, I. D. G. (2020). Respon Kebijakan: Mitigasi Dampak Wabah Covid-19 Pada Sektor Pariwisata. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Syafie, I. K. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Mandar Maju.
Thaha, A. F. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1).
Undang – Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Pariwisata
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
Wahab, S. (1992). Manajemen Kepariwisataan. Jakarta: Pradyna Paramita.
Warpani, P. S., & Warpani, P. I. (2007). Pariwisata dalam Tata Ruang Wilayah. Bandung: ITB.
Yoeti, O. (2008). Ekonomi Pariwisata. Jakarta: Kompas.