JARINGAN KOMUNIKASI PADA PENYALURAN BANTUAN SOSIAL TUNAI UNTUK RAKYAT MISKIN DI KELURAHAN PUUWATU KOTA KENDARI

Authors

  • Anisah Eka Putri Universitas Halu Oleo
  • Laode Muh. Umran Universitas Halu Oleo

Keywords:

Jaringan Komunikasi, Radial Person Network, Bantuan Sosial Tunai

Abstract

Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mengkaji implementasi jaringan komunikasi di Kelurahan Puuwatu. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan total 13 informan yang terlibat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur jaringan komunikasi di Kelurahan Puuwatu, yang berbentuk Radial Person Network, memiliki kepadatan yang rendah dan karakteristik yang terbuka terhadap pertukaran informasi. Dalam proses ini, RT berfungsi sebagai gatekeeper, bertugas mengumpulkan informasi tentang masyarakat kurang mampu. Informasi tersebut kemudian disaring sesuai dengan kriteria penerima dan diserahkan kepada RW, yang berperan sebagai cosmopolite. Cosmopolite bertanggung jawab mengumpulkan dan menyatukan informasi dari berbagai sumber di lingkungan sekitar. Informasi yang telah terkumpul diberikan kepada Lurah dan Ketua Puskesos, yang bertindak sebagai opinion leaders dan menguasai seluruh data. Mereka memastikan bahwa data yang diterima akurat dan lengkap. Setelah proses verifikasi data dari setiap RW dan RT, informasi tersebut diusulkan kembali kepada Dinas Sosial, yang berperan sebagai liaison. Liaison ini bertugas memverifikasi data yang diajukan dan memastikan kesesuaiannya dengan data yang ada di dinas. Selanjutnya, data yang telah diverifikasi oleh Dinas Sosial dikirim kembali kepada Ketua Puskesos untuk menetapkan calon penerima Bantuan Sosial Tunai (BST). Selain itu, teridentifikasi juga kelompok isolate, yaitu individu-individu yang sebelumnya merupakan penerima bantuan namun data mereka telah kadaluarsa, sehingga memerlukan pengusulan ulang. Penelitian ini menggambarkan pentingnya struktur jaringan komunikasi yang efektif dalam mengelola dan mendistribusikan bantuan sosial, memastikan bahwa bantuan tersebut dapat diberikan secara tepat dan efisien kepada yang membutuhkan

References

Cindoswari, A. R. (2016). Analisis Struktur Jaringan Komunikasi Dalam Adaptasi Ekonomi, Sosial Dan Budaya Pada Paguyuban Babul Akhirat Di Kota Batam. Jurnal Komunikasi, 10(2), 129-144.

Eriyanto. (2014). Jaringan Analisis Jaringan Komunikasi: Strategi Baru Dalam Penelitian Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hadi, A. P. (2019). Analisis Jaringan Komunikasi Pada Kelompok Wanita Tani. Jurnal Komunikasi.

Hapsari, D. R. (2016). Peran Jaringan Komunikasi Dalam Gerakan Sosial. Jurnal Komunikasi.

Kusumadewi, L. I. (2020). Jaringan Komunikasi “Inovasi Beras Sehat”. Jurnal Komunikasi.

Leavitt, Harold. (1992). Psikologi Manajemen. Diterjemahkan oleh Muslichah Zarkasi. Jakarta.

Marini, D. (2015). Dampak Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Terhadap Masyarakat Miskin Di Desa Perawang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(1), 1-10.

Maun, C. E. (2020). Efektivitas Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Bagi Masyarakat Miskin Terkena Dampak Covid-19 Di Desa Talaitad Kecamatan Suluun Tareran Kabupaten Minahasa Selatan. JURNAL POLITICO, 9(2).

Misno, A. B. P., Junediyono, & Nurhadi. (2020). Covid-19. Pustaka Amma Alamiah. ISBN: 978-623-92323-5-1.

Nugraha, A. (2020, Mei 30). BLT-Dana Desa Rawan Maladministrasi? Diambil dari OMBUDSMAN: https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--blt-dana-desa-rawan-maladministrasi.

Nurudin. (2017). Ilmu Komunikasi: Ilmiah dan Populer. Cetakan ke-2. Jakarta: Rajawali Pers.

Pertiwi, P. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan tenaga kerja di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Romli, Khomsahrial. (2011). Komunikasi Organisasi-Lengkap. Jakarta: Grasindo.

Sidiq, M. S., Cangara, H., & Unde, A. A. (2016). Pemanfaatan Jaringan Komunikasi Dalam Rekrutmen Kader Partai Keadilan Sejahtera Sulawesi Selatan. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(4), 423-433.

SINDONEWS. (2020, November 06). Memotong Rantai Kemiskinan Dampak dari Pandemi Covid-19. Diambil dari SINDONEWS.COM: https://ekbis.sindonews.com/read/221804/33/memotong-rantai-kemiskinan-dampak-dari-pandemi-covid-19-1604621479?showpage=all

World Bank. (2020). “World Bank Group and COVID-19 (coronavirus)”. https://www.worldbank.org/en/who-we-are/news/coronavirus-covid19.

World Health Organization. (2021). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Situasi COVID. https://www.kemkes.go.id/.

Downloads

Published

2024-03-10

Issue

Section

Articles