STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PENJUALAN MOBIL TOYOTA DI PT.HADJI KALLA CABANG KENDARI DI MASSA PANDEMI COVID-19
Keywords:
Komunikasi Pemasaran, Penjualan Mobil, COVID-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh PT. Hadji Kalla Cabang Kendari dalam penjualan mobil Toyota selama masa pandemi COVID-19. Studi ini menggunakan teknik purposive dengan delapan informan yang terlibat. Hasil menunjukkan bahwa PT. Hadji Kalla Cabang Kendari menerapkan berbagai unsur bauran komunikasi pemasaran yang efektif untuk mengatasi tantangan pandemi. Strategi komunikasi pemasaran yang diadopsi meliputi mass selling, yang terdiri dari periklanan dan publisitas. Periklanan dilaksanakan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pusat, melalui iklan televisi yang disiarkan secara nasional. Promosi penjualan juga menjadi bagian penting dari strategi ini, dengan penerapan diskon dan penawaran khusus untuk menarik pembeli. Dalam upaya membangun hubungan yang baik dengan masyarakat, perusahaan mengoptimalkan fungsi public relations untuk menyebarkan informasi yang menguntungkan dan mempengaruhi opini publik secara positif. Sementara itu, personal selling diimplementasikan melalui komunikasi tatap muka yang dilakukan oleh tenaga penjual untuk memperkuat persuasi dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Selain itu, direct marketing dijalankan dengan efektif, melalui pemasaran interaktif seperti penerimaan pesanan melalui telepon, yang merupakan tanggung jawab utama tim sales marketing di cabang tersebut. Kesimpulannya, PT. Hadji Kalla Cabang Kendari telah sukses mengadaptasi dan menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang komprehensif selama masa pandemi, yang mencakup berbagai teknik untuk mendukung penjualan dan memperkuat citra perusahaan.
References
Bulaeng, Andi. (2000). Metode Penelitian Kontemporer. Yogyakarta.
Cangara, Hafied. (2008). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dharmesta Swastha. (2005). Manajemen Pemasaran. Bandung: Remaja Karya.
Dharmesta Swastha. (2008). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Fajar, Marhaeni. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kotler, Philip, & Andreasen, Alan. (2005). Strategi Pemasaran Untuk Organisasi Nirlaba. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Kotler, Philip. (2003). Marketing Insight From A to Z: 80 Konsep Yang Harus Dipahami Setiap Manager. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip, & Armstrong, Gary. (2009). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: PT. Erlangga.
Lubis, Suwardi. (2007). Sistem Komunikasi Indonesia. Medan: Bartong Jaya.
Morissan. (2007). Periklanan dan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Tangerang: Penerbit Ramdina Prakarsa.
Mulyana, Deddy. (2007). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Purba, Amir, et al. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Medan: Pustaka Bangsa.
Rangkuti. (2000). Komunikasi Pemasaran. Malang: Universitas Negeri Malang Erlangga.
Ruslan, Rosady. (2004). Metode Penelitian: Public Relation dan Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Suprihanto. (2002). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Liberty.
Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wasito, Hermawan. (2002). Pengantar Metodologi Penelitian (Buku Panduan Mahasiswa). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Widjaja, Bernard. (2009). Lifestyle Marketing. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama