ANALISIS KONSEP DIRI PADA REMAJA PECANDU GAME ONLINE: STUDI KASUS FREE FIRE DI KENDARI
Keywords:
Kecanduan Game Online, Konsep Diri, Remaja, Free Fire, Teori Looking Glass SelfAbstract
Kecanduan bermain game online merupakan fenomena yang prevalen di kalangan remaja di Kota Kendari, yang berkembang paralel dengan kemajuan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak kecanduan game online, khususnya game Free Fire yang dirilis pada tahun 2017 dan telah menarik lebih dari 250 juta pemain, dominan di antaranya adalah remaja. Fokus khusus diberikan pada komunitas gamer NORS•IND Kendari, sebagai kasus studi untuk menganalisis konsep diri remaja yang kecanduan game online. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan teori looking glass self dari Charles Horton Cooley sebagai kerangka teoretis, penelitian ini menemukan bahwa kecanduan game berkontribusi pada pengembangan konsep diri introvert pada remaja. Mayoritas informan (5 dari 6 remaja) mengidentifikasi diri mereka dengan karakteristik introvert, memilih untuk berkomunikasi dalam lingkungan yang memiliki hobi dan tujuan yang sama, yang mengindikasikan pengaruh signifikan kecanduan game terhadap aspek sosial dan psikologis remaja.
References
Ardhita, S. (2012). Konsep Diri Pemain Game Online Studi Fenomenologi Konstruksi Konsep Diri Perempuan Pecandu Game Online.
Awal, D., Ayu, L., & Saragih, S. (2016). Interaksi sosial dan konsep diri dengan kecanduan games online pada. Persona Jurnal Psikologi Indonesia, 5, 167-173.
Cangara, A. (2003). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Susilawaty, F. T., Febrianty, H., Rasyid, M. R. R., & Sanjaya, A. S. (2023). Adaptasi Model Ellis Dalam Perilaku Pencarian Informasi Fact Checker Mafindo. Jurnal Jurnalisa, 9(2). https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v9i2.44196
Liliweri, A. (2004). Dasar-Dasar Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditia Bakti.
Mulyana, D. (2000). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Cyber. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Pandu Dwi, P. (2019). Hubungan antara Konsep Diri dengan Kecanduan Game Online pada Pemain Game MMORPG.
Reza Trijaya, K. (2011). Konsep Diri Pecandu Game Online Studi Deskriptif tentang Konsep Diri Pecandu Game Online di Kota Bandung.
Shelly Furqon. (2020). Model Komunikasi Mahasiswa Pemain Game Online Free Fire (Studi Kasus Mahasiswa UAD IAIN Bengkulu).
Soyomukti, N. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sunarwinandi, I. (2000). Komunikasi Antar Budaya. Jakarta: Pusat Antar Universitas Ilmu-ilmu Sosial Universitas Indonesia.
Suranto. (2010). Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.