KONSTRUKSI REALITAS SOSIAL BUDAYA MAHASISWA MUSLIMAH INDONESIA DI KOTA GLASGOW, SKOTLANDIA DALAM PROGRAM PERTUKARAN PELAJAR IISMA 2021-2022

Authors

  • Ahmad Badaruddin Universitas Halu Oleo
  • Sutiyana Fachruddin Universitas Halu Oleo
  • Yunita Simatupang Universitas Halu Oleo

Keywords:

Konstruksi Realitas, Sosial-Budaya, Mahasiswi Muslimah, Glasgow, IISMA

Abstract

IISMA adalah salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memungkinkan mahasiswa Indonesia untuk belajar di universitas mitra di luar negeri selama satu semester. Salah satu universitas mitra IISMA adalah University of Glasgow di Skotlandia. Kota Glasgow dikenal sebagai kota yang majemuk dengan tingkat diskriminasi terhadap wanita berhijab yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Konstruksi Realitas Sosial Budaya Mahasiswa Muslimah Indonesia di kota Glasgow melalui komunikasi verbal dan nonverbal, menggunakan teori Konstruksi Realitas Sosial Berger dan Luckman. Penelitian ini melibatkan lima informan yang merupakan mahasiswi berhijab peserta IISMA 2021-2022 di kota Glasgow, yang dipilih secara sengaja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengelolaan pesan dalam konstruksi realitas sosial budaya mahasiswi IISMA terjadi melalui komunikasi dengan warga setempat baik secara verbal maupun nonverbal. Proses ini mengikuti tiga tahapan yang dijelaskan oleh Berger dan Luckman, yaitu: (1) Eksternalisasi, (2) Objektivasi, dan (3) Internalisasi. Tahapan ini terjadi di berbagai tempat, termasuk lingkungan kampus, organisasi sosial yang diikuti, dan lingkungan tempat tinggal para mahasiswi IISMA.

References

Abdur Rasul Abdul Hasan al-Ghaffar. (1995). Wanita Islam dan Gaya Hidup Modern. Pustaka Hidayah.

Anismar, A., & Anita, A. (2018). Komunikasi antar Budaya Mahasiswa Etnis Minangkabau dengan Mahasiswa Etnis Aceh. Jurnal Jurnalisme, 7(2), 216. https://doi.org/10.29103/jj.v7i2.2936

Aris Shoimin. (2018). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013 (Edisi 2018). Ar-Ruzz Media.

Batubara, I. F. (2017). Perbedaan Komunikasi Antar Kebudayaan Yang Berbeda. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 2(1).

Berger, P. L., & Luckmann, T. (1966). The social construction of reality: A treatise in the sociology of knowledge. Anchor Books.

Berger, P. L., & Luckmann, T. (1990). Tafsir Sosial atas Kenyataan: Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan (diterjemahkan dari buku asli The Social Construction of Reality oleh Hasan Basari). LPE3S.

Davies, N. (2020, February 10). FDi's European cities and regions of the future 2020/21 - FDI strategy: London and Glasgow take major prizes. fDi Intelligence. https://www.fdiintelligence.com/content/analysis/fdis-european-cities-and-regions-of-the-future-202021-fdi-strategy-london-and-glasgow-take-major-prizes-76769

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. PT Gramedia Pustaka.

Dewi. (2018). Fenomena culture shock Dan stereotype Dalam Komunikasi antar Budaya Mahasiswa Indonesia Yang Studi Di Amerika. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 92-113. https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v10i1.892

Dharma, F. A. (2018). Konstruksi realitas sosial: Pemikiran Peter L. Berger tentang kenyataan sosial. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 1-9.

Kasih, P. K. (2021, August 9). Nadiem Lepas 970 Mahasiswa Belajar Di 28 Negara untuk program IISMA. KOMPAS.com. https://www.kompas.com/edu/read/2021/08/09/171804971/nadiem-lepas-970-mahasiswa-belajar-di-28-negara-untuk-program-iisma

Kuswarno, E. (2009). Metodologi Penelitian Fenomenologi. Widya Padjadjaran.

Liliweri. (2013). Dasar-Dasar Komunikasi. Pustaka Pelajar.

Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar (Revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Nicolson, M. (2021, July 21). Islamophobia report reveals Scotland not quite as tolerant as it would like to think. The Conversation. https://theconversation.com/islamophobia-report-reveals-scotland-not-quite-as-tolerant-as-it-would-like-to-think-164828

Patawari, M. Y. (2020). Adaptasi budaya pada mahasiswa pendatang Di kampus Universitas Padjadjaran Bandung. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(2), 103. https://doi.org/10.24198/jmk.v4i2.25900

Prasetya, H. (2017). Komunikasi dalam mempertahankan identitas budaya mahasiswa perantau pada kebudayaan baru. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(1), 102-112. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i1.11

Pratiwi, A. (2016). Konstruksi Realitas Sosial-Budaya Etnis Tionghoa Di Palembang: Studi Komunikasi Antar-Budaya. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 7(1), 55-69.

Raniah, R. (2022, October 1). Selain Magang, Ini Dia 11 program MBKM! BERITA UPI – Portal Berita Universitas Pendidikan Indonesia. https://berita.upi.edu/selain-magang-ini-dia-11-program-mbkm/

Riyanto, G. (2009). Peter L. Berger Perspektif Metatoris Pemikiran. LPE3S.

Rohim, S. (2016). Teori Komunikasi: Perspektif, Ragam, dan Aplikasi. Rineka Cipta.

Samovar, L. A., Porter, R. E., McDaniel, E. R., & Roy, C. S. (2016). Communication between cultures. Cengage Learning.

Soemantri, N. P. (2019). Adaptasi budaya mahasiswa asal Indonesia Di Australia. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1). https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.727

Solihat, M. (2018). Adaptasi komunikasi dan budaya mahasiswa asing program internasional di Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung. Jurnal Common, 2(1)

Downloads

Published

2024-03-10

Issue

Section

Articles