REPRESENTASI CINTA DAN KEHILANGAN DALAM MEDIA AUDIOVISUAL PADA ‘GALA BUNGA MATAHARI’ OLEH SAL PRIADI
Keywords:
Representasi, Semiotika, Cinta, Kehilangan, Media AudiovisualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi cinta dan kehilangan dalam video klip "Gala Bunga Matahari" oleh Sal Priadi dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes dan teori representasi Stuart Hall. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya media audiovisual dalam menyampaikan emosi dan narasi kompleks yang memengaruhi pemahaman audiens tentang tema-tema emosional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis semiotika untuk mengidentifikasi dan menginterpretasikan elemen-elemen visual serta lirik yang berfungsi sebagai tanda dan simbol dalam video klip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bunga matahari digunakan sebagai simbol sentral untuk menyampaikan makna cinta abadi dan kerinduan yang mendalam, sementara elemen visual seperti gerakan dan interaksi antara tokoh memperkuat pesan emosional tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan bahwa video klip "Gala Bunga Matahari" berhasil menyampaikan pesan bahwa cinta memiliki kekuatan untuk bertahan melintasi waktu dan ruang. Penelitian ini merekomendasikan eksplorasi lebih lanjut tentang representasi simbolis dalam media populer Indonesia untuk memahami lebih dalam bagaimana budaya dan masyarakat Indonesia memaknai tema-tema emosional.
References
Aji, B. S. (2022). Analisis Semiotika Komunikasi Visual Video Klip “Hara” Tentang Makna Kesimbangan Alam. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia.
Allen, G. (2003). Roland Barthes. Routledge.
Ariyani, D. P. (2019). Representasi Hubungan Percintaan pada Lirik Lagu JKT48. Interaksi Online, 63-73.
Barthes, R. (1967). Element of Semiology. New York: Hill and Wang.
Bezemer, J. (2020). Social Semiotics: Theorising Meaning Making. Dalam D. Nestel, G. Reedy, L. McKenna, & S. Gough, Clinical Education for the Health Professions (hal. 1-18). Singapore: Springer.
Brave, S., Nass, C., & Hutchinson, K. (2005). Computers that care: investigating the effects of orientation of emotion exhibited by an embodied computer agent. International Journal of Human-Computer Studies, 161-178.
Couldry, N., & Hepp, A. (2022). Media and The Social Construction of Reality. Dalam D. A. Rohlinger, & S. Sobieraj, The Oxford Handbook of Digital Media Sociology (hal. 27-39). Oxford University Press.
Demers, C. (2021, September 15). Diambil kembali dari Richardalois: https://www.richardalois.com/symbolism/firefly-symbolism
Fazira, E. (2021). Analisis Semiotika Representasi Rasa Kehilangan Dalam Musik Video Klip Pilu Membiru Experience. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM).
Habermas, T. (2018). Emotion and Narrative: Perspectives in Autobiographical Storytelling. Cambridge: Cambridge University Press.
Hall, S., Evans, J., & Nixon, S. (2013). Representation: Cultural Representations and Signifying Practices. SAGE Publications.
Jaya, A. (2024, Agustus 11). Diambil kembali dari Etnologimedia: https://etnologimedia.com/2024/08/11/cahaya-abadi-makna-bunga-matahari-untuk-mengenang-mereka-yang-telah-pergi/
Lacey, N. (2009). Image and Representation: Key Concepts in Media Studies. Red Globe Press.
Latiff, Z. A., Yunus, Y. M., & Mydin, M. A. (2016). Symbolism and Role of Water in Traditional Islamic Gardens. Research Journal of Fisheries and Hydrobiology, 62-68.
Liew, T. W., Tan, S.-M., Tan, T. M., & Kew, S. N. (2020). Does speaker’s voice enthusiasm affect social cue, cognitive load and transfer in multimedia learning? Information and Learning Sciences, 117-135.
Livingstone, S. (2019). Audiences in an Age of Datafication: Critical Questions for Media Research. Television & New Media, 170-183.
Maharani, C., & Kurniawati, D. Y. (2023). Bunga Matahari dalam Karya Seni Grafis Cetak Tinggi. Texture: Visual Art and Culture Journal, 89-93.
Nayazha, N., Rusmana, D., & Sakinah, R. M. (2022). Representasi Konsep Cinta Pada Film Five Feet Apart (2019): Kajian Semiotika Pierce. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 43–60.
Putri, N. B., & Putri, K. Y. (2020). Representasi Toxic Relationship dalam Video Klip Kard - You in Me. Jurnal SEMIOTIKA, 48-54.
Rauthmann, J. F., Seubert, C. T., Sachse, P., & Furtner, M. R. (2012). Eyes as Windows to the Soul: Gazing Behavior is Related to Personality. Journal of Research in Personality, 147-156.
Ronfiansyah, D. D. (2022). Representasi Kesedihan Pada Video Klip Lagu Duka Karya Payung Teduh: Analisis Semiotika Roland Barthes. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Ross, T. (2019). Media and Stereotypes. Dalam S. Ratuva, The Palgrave Handbook of Ethnicity (hal. 1-17). Singapore: Palgrave Macmillan.
Sari, S. I., Ananda, R. A., Sazali, H., & Dalimunthe, M. A. (2024). Analisi Semiotika pada Music Video JKT48 dengan judul Benang Sari, Putik, dan Kupu-Kupup Malam. Dawatuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 423-431.
Selg, P., & Ventsel, A. (2020). Three Concepts of Semiotics. Dalam P. Selg, & A. Ventsel, Introducing Relational Political Analysis (hal. 107-135). Palgrave Macmillan.
Swandhani, A. R., Wahjudi, D., & Lukitaningsih. (2023). Semiotika Roland Barthes Sebagai Pendekatan Untuk Mengkaji Logo Kantor Pos. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 182-188.
Wigington, P. (2021, September 8). Diambil kembali dari Learn Religions: https://www.learnreligions.com/the-magic-and-folklore-of-fireflies-2562505