ANALISIS DIMENSI PERSONAL BRANDING MAHASISWA UNIVERSITAS HALU OLEO MELALUI AKTUALISASI DIRI DI PLATFORM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Authors

  • Qur’atul Aeni Universitas Halu Oleo
  • La Ode Muh. Umran Universitas Halu Oleo
  • Harnina Ridwan Universitas Halu Oleo

Keywords:

Media Sosial, Instagram, Personal Branding

Abstract

Seiring berkembangnya media sosial, anak muda kini dapat dengan mudah membagikan aktivitas pribadi kepada pengguna lain melalui platform digital. Instagram menjadi media sosial yang paling populer digunakan untuk menunjukkan personal branding sebagai bagian dari aktualisasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dimensi personal branding mahasiswa Universitas Halu Oleo melalui penggunaan Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis konten Instagram. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan empat dimensi utama personal branding yang diadopsi mahasiswa: (1) Spesialisasi, di mana mahasiswa menunjukkan minat atau keahlian unik mereka melalui konten di Instagram Stories; (2) Kepribadian, di mana mereka menampilkan diri secara autentik sesuai kehidupan sehari-hari; (3) Keterlihatan, dengan konsistensi dalam memposting konten secara berkala; dan (4) Nama Baik, di mana mahasiswa menjaga citra positif melalui konten inspiratif dan positif. Temuan ini menunjukkan bahwa Instagram digunakan secara strategis oleh mahasiswa untuk membangun citra diri yang kuat dan positif dalam lingkungan sosial digital.

References

Haroen, N. (2014). Personal branding and Emotional Influence in Digital Media. Jakarta: Media Nusantara.

Junedi Agustian, J. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Personal branding Selebgram@ Okvitaandini (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Maslow, A. H. (1970). Motivation and Personality (2nd ed.). New York: Harper & Row Publishers.

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharso, P., & Muntiah, A. (2020). Pemanfaatan media sosial Instagram pada perpustakaan perguruan tinggi. Edulib, 10(1), 1-14.

Sutoyo, M. D. (2020). Penerapan Personal branding Berliana Anggit Tirtanta Sebagai Selebgram Beauty Yogyakarta di Media Sosial. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Yusanda, A., Darmastuti, R., & Huwae, G. N. (2021). Strategi Personal branding Melalui Media Sosial Instagram (Analisis Isi pada Media Sosial MahasiswaUniversitas Kristen Satya Wacana). Scriptura, 11(1), 41-52.

Downloads

Published

2024-09-03