OPTIMALISASI APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA BELANJA ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP UNIVERSITAS HALU OLEO: STUDI PERILAKU DAN TREN KONSUMTIF

Authors

  • Wa Ode Hasmiati Universitas Halu Oleo
  • Masrul Masrul Universitas Halu Oleo
  • Asrul Jaya Universitas Halu Oleo

Keywords:

TikTok, Media Sosial, Belanja Online, Perilaku Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media belanja online di kalangan mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Halu Oleo. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong pemilihan TikTok Shop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok Shop dipilih karena kepuasan pengguna, kepercayaan konsumen, dan harga yang kompetitif. Fitur seperti live streaming, diskon, dan gratis ongkir juga mempermudah pengguna dalam bertransaksi. Penelitian ini menyoroti peran media sosial dalam membentuk perilaku konsumsi generasi muda dan memberikan wawasan bagi pengembang aplikasi serta pelaku bisnis untuk meningkatkan pengalaman pengguna di platform

References

Engel, B., & Blackwell, R. D. (1995). Miniard. Perilaku Konsumen.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Marketing strategy. In London: London Business Forum.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga, 90, 16-38.

Nasution, M. N. (2005). Manajemen mutu terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nufus, H., & Handayani, T. (2022). Strategi Promosi dengan Memanfaatkan Media Sosial TikTok dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus pada TN Official Store). Jurnal Emt Kita, 6(1), 21-34.

Nurmadina, N. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus pada Konsumen Fashion Online di Kota Makassar). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Sa’adah, A. N., Rosma, A., & Aulia, D. (2022). Persepsi generasi Z terhadap fitur Tiktok Shop pada aplikasi Tiktok. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 131-140.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2004). Consumer behaviour 8 th ed. NY: Prentice-Hall Inc.

Downloads

Published

2024-09-03