PENERAPAN TEORI PENCILS DALAM MANAJEMEN KRISIS PERBANKAN: STUDI PADA BANK SULTRA
Keywords:
Komunikasi Korporat, Komunikasi Krisis, Bank Sultra, Teori PENCILSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model komunikasi korporat yang diterapkan Bank Sultra dalam menghadapi krisis komunikasi akibat isu kehilangan tabungan nasabah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini mengacu pada teori PENCILS (Publication, Event, News, Community Involvement, Inform or Image, Lobbying and Negotiating, Social Responsibility) sebagai kerangka analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Sultra mengadopsi strategi komunikasi yang proaktif, mencakup identifikasi isu secara cepat, penerapan langkah-langkah transparan, penggunaan media sosial, keterlibatan aktif dengan pemangku kepentingan, serta evaluasi dan perbaikan berkelanjutan. Strategi ini tidak hanya berhasil meredam dampak negatif isu, tetapi juga mempertahankan kepercayaan publik terhadap reputasi perusahaan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur tentang manajemen krisis di sektor perbankan dan menawarkan panduan bagi institusi keuangan lain dalam mengembangkan strategi komunikasi yang efektif.
References
Hawali, N., & Andiyansari, P. (2022). Strategi Divisi Corporate Communication PT Krakatau Steel dalam Upaya Perbaikan Citra Melalui Program CSR. Jurnal PIKMA: Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 4(2), 118-129.
Maulizal, A. (2017). Pelaksanaan kegiatan CSR u201cKawan Ramadhanu201d oleh corporate communication departement PT JIEP. Jakarta Pusat: LPPM Universitas Bina Sarana Informatika.
Masindo, A. A. (2018). Strategi Public Relations Detikcom Dalam Meningkatkan Brand Loyalty (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah).
Muniroh, N. I. (2020). Model strategi hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra pariwisata melalui kampanye Wonderful Indonesia. Jurnal Pariwisata, 12(2), 45-58.
Puspita, G., Arisandy, M., & Ichwanita, A. (2023). Pengaruh GCG dan CSR Terhadap Nilai Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2020. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 11(1), 59-68.
Rachmasari, N. A. (2020). Manajemen Krisis Bank Mandiri Dalam Menjaga Reputasi Perusahaan: Studi Kasus Perubahan Saldo .
Ruslan, R. (2009). Manajemen public relations dan media komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sari, A. A. (2017). Dasar-dasar public relations: Teori dan praktik. Deepublish.
Setiawan, A. J. (2018). Strategi public relations dalam membangun citra positif (studi empiris pada pondok pesantren modern Darul Amanah Sukorejo Kabupaten Kendal). Jurnal Egaliter.
Silviani, I. (2019). Public relations sebagai solusi komunikasi krisis. Surabaya: PT Scopindo Media Pustaka.
Sinaga, F. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Kasus Bank Mandiri Syariah Kantor Cabang Pembantu Cirendeu) (Doctoral dissertation, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta).
Supada, W. (2020). Peran public relations dalam membangun pencitraan positif organisasi. Komunikasi.
Tyasari, A. A., & Ruliana, P. (2021). Model komunikasi coorporate dalam membangun citra perusahaan. CARAKA: Indonesia Journal of Communication, 2(1), 27-42.
Usanti, T. P., & Shomad, A. (2017). Hukum Perbankan. Kencana.
Wahid, U., & Puspita, A. E. (2017). Upaya peningkatkan brand awareness PT. Go-Jek Indonesia melalui aktivitas marketing public relations. Jurnal Komunikasi, 9(1), 31-43.
Wafi, A. (2021). Peran Bidang Corporate Communication Dalam Mempertahankan Citra Pt Timah Tbk, Bangka Belitung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL], 1(2)..
Wibowo, A., Syahputra, S., & Susanto, R. D. (2021). Strategi Komunikasi Korporat Dalam Upaya Peningkatan Komunikasi Internal Dan Citra Perusahaan. LUGAS Jurnal Komunikasi, 5(2), 125-132.