DIGITAL PAYMENT DAN PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA: STUDI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UHO
Keywords:
Digital Payment, Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Perilaku KonsumtifAbstract
Kemajuan teknologi keuangan telah mendorong penggunaan digital payment sebagai metode transaksi yang semakin populer, terutama di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital payment terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Halu Oleo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner daring yang melibatkan 86 mahasiswa sebagai responden. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif menggunakan teori Stimulus-Response (S-R). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara digital payment dan perilaku konsumtif mahasiswa dengan kategori pengaruh sedang. Indikator yang paling berpengaruh adalah kepercayaan terhadap digital payment dan keputusan pembelian berdasarkan tampilan produk yang menarik. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun digital payment mempermudah transaksi, faktor lain seperti strategi pemasaran dan kebiasaan konsumsi juga turut berperan dalam membentuk perilaku konsumtif mahasiswa.
References
Fitri, F. R. (2018). The influence of web quality and sales promotion toward impulse buying behavior with openness personality as moderating variable. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 20(1), 48–55.
Gufran, M. I., Natsir, M., & Tajuddin, T. (2023). Determinan Tingkat Penggunaan Quick Response Indonesian Standard Di Kota Kendari. Value Added: Majalah Ekonomi dan Bisnis, 19(2), 89-94. https://doi.org/10.26714/vameb.v19i2.13274
Puspitasari, S. D., & Indrarini, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Digital Payment terhadap Perilaku Konsumsi Islam Masyarakat Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(2), 64-74.
Raodah. (2021). Strategi Pelaku Usaha Restoran Dalam Masa Pandemi covid 19 di Kabupaten Gowa.Pangadereng : Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(1). https://doi.org/10.36869/pjhpish.v7i1.177
Sari, S. N. 2021. Pengaruh Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Skripsi
Setiawan, F. A. (2020). Pengaruh Iklan Media Luar Ruang “OVO” Terhadap Minat Beli Kopi “Janji Jiwa” ITC Cempaka Mas/Friska Apfia Setiawan/61160063/Pembimbing: Siti Meisyaroh.
Wati, S. E. P. (2020). Pengaruh Penggunaan Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.