EFEKTIVITAS GOOGLE CLASSROOM DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MAHASISWA
Keywords:
Efektivitas, Media Online, Google Classroom, Proses Belajar MengajarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana efektivitas media online Google Classroom dalam proses belajar mengajar mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2019 Universitas Halu Oleo. Informan dalam penelitian ini sebanyak sepuluh orang yang ditentukan secara purposive yakni memilih pihak-pihak yang di anggap dapat memberikan informasi akurat. Jenis data dalam penelitian ini merupakan data kualitatif dengan sumber data berupa primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis deskriptif kualitatif yang mana analisis ini akan mendeskripsikan hasil penelitian berdasarkan temuan dilapangan yang selanjutnya diberi penafsiran dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Google Classroom sebagai sarana komunikasi dapat meningkatkan aktivitas dan minat belajar siswa karena media online Google Classroom memiliki kemampuan menambah kemenarikan materi yang disajikan, memperluas sumber materi ajar mengumpulkan tugas, dan juga dalam memperoleh informasi selama pandemic covid-19. Namun penelitian memperlihatkan bahwa Google Classroom kurang efektif untuk melihat pemahaman yang didapat oleh mahasiswa selama perkuliahan berlangsung dikarenakan kurangnya interaksi diantara keduanya. Terlebih dengan sistem pembelajaran daring mengharuskan semua mahasiswa memiliki akses internet. Kemudian terdapat dosen yang tidak memanfaatkan fitur-fitur Google Classroom yang dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Maka dapat ditarik kesimpulan, media online Google Classroom dikatakan efektif jika dosen mampu menggunakan semua fitur-fitur yang terdapat dalam Google Classroom agar terjadi komunikasi yang lebih antara dosen dan mahasiswa sehingga mahasiswa menjadi lebih aktif
References
Chandra dkk. (2015). Hambatan Komunikasi Dalam Aktivitas Bimbingan Belajar Antara Tutor Dengan Anak Kelas V SD di Bantaran Sungai Kalimas Surabaya. Jurnal e-Komunikasi Volume 3 Nomor 2, 1-12.
Fitriyani, Yani et al. (2020). ―Motivasi Belajar Mahasiswa Pada PembelajaranDaring Selama Pandemik Covid-19‖. Jurnal Kependidikan, Vol 6, No2.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Surat Edaran Pencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan. (https://www.kemdikbud.go.id/main/ blog/2020/03/surat-edaran- pencegahan-covid19-pada-satuan-pendidikan) diakses pada 28 Januari 2021pada pukul 23.50 WITA.