PENGGUNAAN AKUN PROMOSI INSTAGRAM @KENDARI.FOOD DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KULINER DI KOTA KENDARI

Authors

  • Marsha Nurul Aisach Universitas Halu Oleo
  • Hasriani Amin Universitas Halu Oleo
  • La Ode Herman Halika Universitas Halu Oleo

Keywords:

Promosi, Penggunaan Instagram, Keputusan Pembelian, Produk Kuliner

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penggunaan atau pemanfaatan akun promosi Instagram @kendari.food dalam keputusan pembelian produk kuliner di Kota Kendari. Penelitian ini berlokasi di Kota Kendari. Informan penelitian sebanyak enam orang yang terdiri dari tiga followers @kendari.food dan tiga akun produk kuliner yang menggunakan jasa promosi @kendari.food. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive. Jenis data dalam penelitian ini merupakan data kualitatif dengan sumber data berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mencakup proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification yang dikembangkan oleh Palmgreen dan Raybun dengan dua konsep dalam mengukur tingkat kepuasan pengguna yakni kepuasan yang dibutuhkan atau Gratification Sought (GS) dan kepuasan yang diperoleh atau Gratification Obtained (GO). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan followers @kendari.food terpenuhi setelah mengakses @kendari.food yakni mendapatkan informasi produk kuliner serta hiburan, begitupun dengan kebutuhan akun produk kuliner juga terpenuhi setelah menggunakan jasa promosi @kendari.food yakni terjadi peningkatan penjualan produk kuliner dan jumlah followers. Apabila dihubungkan dengan keputusan pembelian produk kuliner di Kota Kendari maka @kendari.food dapat dikatakan telah berhasil mempromosikan produk kuliner di Kota Kendari.

References

Alamsyah, Yuyun. (2008). Bangkitnya Bisnis Kuliner Tradisional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Arifin, Pupung. (2013). “Persaingan Tujuh Portal Berita Online Indonesia berdasarkan Analisis Uses and Gratification”, Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 10, No. 2:195-212.

Aritonang, Hanna F. (2013). “Pemetaan Dampak Pemanfaatan Aplikasi Fan Page Facebook Terhadap Kepuasan Fans (Studi Pada Mahasiswa S1 Komunikasi Angkatan 2010-2011 Universitas Bengkulu)” (Skripsi—Universitas Bengkulu). 2013.

Ayutiani, D.M., dan Putri, B.P.S., (2018). “Penggunaan Akun Instagram Sebagai Media Informasi Wisata Kuliner”, Jurnal Profesi Humas, Vol. 3, No. 1:39-59.

Fahresi, M. (2018). “Penggunaan Instagram Dalam Mempromosikan Cafe Cinnamon Sultan Alauddin Makassar” (Skripsi—Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Fauziah, Syifa. (2020) “Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Geprek Bensu di Jakarta” (Tugas Akhir—Universitas Bakrie).

Fitri, Riski Amalia. (2018). “Pengaruh Akun Instagram Kuliner Lampung Sebagai Media Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kuliner di Bandar Lampung (Studi pada Followers Akun Instagram @kuliner_lampung)” (Skripsi—Universitas Lampung).

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV.

Pustaka Ilmu.

Kotler, Philip, dan Armstrong, Gary. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Ed. 12. Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Lininati, Elin. (2018). “Pengaruh Promosi Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian di Food Court”, Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan,Vol. 2, No. 2: 97-102.

Lestiana, Nurian. (2016)“Aktivitas Promosi Kuliner Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Mengenai Aktivitas Promosi Kuliner Pada Akun Instagram @kulinerdisolo di Kota Solo)” (Skripsi—Universitas Sebelas Maret).

Nugraha, B., dan Akbar M.F., (2018). “Perilaku Komunikasi Pengguna Aktif Instagram”, Jurnal Manajemen Komunikasi, Vol. 2, No. 2:95-101.

Nurjannah, Siti.(2020). “Strategi Promosi Akun Instagram @surabaya_foodies Pada Peningkatan Penjualan Kuliner” (Skripsi—Universitas Islam Negeri Sunan Ampel).

Pamungkas, B., dan Zuhroh, S., (2016). “Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang)”, Jurnal STIE PGRI Dewantara Jombang,Vol. X, No. 2:145-160.

Schiffman, dan Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen (Ed. Ke-2). Jakarta: PT Indeks Gramedia

Sholihah, Afiffatus. “Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif Kualitatif pada Produk The Thailand Pikameame di Yogyakarta)” (Skripsi—Universitas Islam Negeri Yogyakarta), 2018.

Sudirman, dkk., (2020). Perilaku Konsumen Dan Perkembangannya di Era Digital. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syahbani, M.F., dan Widodo, A., (2017). “Food Blogger Instagram: Promotion Through Social Media”, Jurnal Ecodemica, Vol. 1, No. 1:46-58.

Tjiptono, Fandy. (1997). Strategi Pemasaran (Ed. Ke-dua). Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy, dan Diana, Anastasia. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tjondrokoesoemo, Marsellia. (2017). “Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian”, Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Vol. 2, No. 3.

Widyastuti, Sri. 2017. Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu: Solusi Menembus Hati Pelanggan. Jakarta Selatan: FEB-UP Press.

Downloads

Published

2023-07-10