STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA

Authors

  • Annisa Wulandari Universitas Halu Oleo
  • Abdul Gafaruddin Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Yusria Universitas Halu Oleo

Keywords:

Strategi Pemasaran, SWOT, Roti

Abstract

Turunnya volume penjualan akan merugikan perusahaan. Perencanaan strategi merupakan langkah awal untuk memanfaatkan berbagai peluang yang dapat diraih dan sebagai landasan untuk memonitor perubahan-perubahan yang terjadi. Strategi pemasaran dapat dijadikan sebagai alat untuk lebih meningkatkan volume penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal, eksternal dan stategi pemasaran pada usaha Industri Rumah Tangga Ayu Bakery. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  kuantitatif melalui pendekatan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor internal pada usaha Industri Rumah Tangga Ayu Bakery antara lain: keragaman produk, harga terjangkau, lokasi usaha strategis, jaringan sekitar, kemasan produk kurang menarik, SDM, kurang promosi. Dan faktor eksternal pada usaha Industri Rumah Tangga Ayu Bakery antara lain: mudah diterima dipasaran, perkembangan teknologi, adanya pelanggan baru, kenaikan harga bahan baku, kepercayaan, munculnya pesaing baru, perubahan trend selera konsumen. Strategi yang dapat diterapkan agar volume penjualan dapat meningkat: strategi SO mempertahankan harga produk tetap terjangkau, memanfaatkan lokasi usaha yang strategis dan jaringan sekitar yang ada. Strategi WO memanfaatkan perkembangan teknologi dalam mempromosikan produk, merekrut karyawan yang terampil. Strategi ST menambah keragaman produk sesuai dengan trend selera konsumen, melakukan percobaan untuk mendapatkan alternatif bahan baku ketika harga bahan baku naik. Strategi WT memperbaiki kemasan pada produk.

References

Apriyanti M. (2018). Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Jurnal Sosio e-kons. 10(1). 20-27.

Astuti S, Arsyanti N. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Toko Online Shopastelle, Semarang). Jurnal Manajemen. 5(2): 1-11.

Fatimah S, Yahya M, Hisan K. (2021). Pengaruh Modal Usaha, Kualitas Sumber Daya Manusia, dan Strategi Pemasaran Terhadap Pengembangan UMKM di Kecamatan Kota Kualasimpang Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. 3(2).

Hartono H, Hutomo K, Mayangsari M. (2012). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan pada Perusahaan” dengan Menetapkan Alumni dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Binus Business Review. 3(2). 882-897.

Haryanti H, Lamsah, Zamilah E. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Home Industri Kue HD Cake Kota BanjarBaru. Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB.

Hermawan H. (2015). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen dalam Pembelian Roti Ceria di Jember. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia. 1(2).

Hidayah I, Ariefiantoro T, Nugroho S. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis di Kaliwungu). Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi. 19(1): 76-82.

Husaini dan Fadhlani A. (2017). Pengaruh Modal Kerja, Lama Usaha, Jam Kerja dan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Monza di Pasar Simalingkar Medan. Jurnal Visioner dan Strategis. 6(2). 111-126.

Janah R, Yulianti Farida, Zamrudi Z. (2020). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Omzet Penjualan pada Perusahaan Roti Kiky di Kandangan. Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB.

Lestiani ME. (2011). Faktor-Faktor Dominan Promosi yang Mempengaruhi Motivasi Konsumen dalam Membeli Suatu Produk Dengan Menggunakan Metode AHP. INDEPT. 1: 15-20.

Rangkuti F. (1997). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Menghitung Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta. PT. Gramedia.

Rohmah K. Dan Badi A. 2020. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Pasar Pada Toko Roti Merah Delima Kediri. Jurnal At-Tamwil. 2(2).

Siregar A. (2020). Analisis Strategi Bersaing Toko Roti X Berdasarkan IE-Matriks. Jurnal Administrasi Bisnis. 16(1).

Siregar A. (2020). Analisis Strategi Bersaing Toko Roti X Berdasarkan IE-Matriks. Jurnal Administrasi Bisnis. 16(1).

Wahyuandari W. (2013). Analisis Matrik Boston Consulting Group (BCG) Terhadap Portofolio Produk Guna Perencanaan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan. Jurnal Universitas Tulungagung. 1(1).

Yuliawati L. (2017). Analisis Struktur, Perilaku, Dan Kinerja Industri Makanan dan Minuman Di Indonesia. Jurnal Ecodemica. 1(2).

Downloads

Published

2023-06-05